5 manfaat puasa senin kamis

Berikut beberapa manfaat puasa Senin Kamis menurut Islam:


1. Menurunkan Berat Badan

Manfaat puasa Senin Kamis bagi wanita salah satunya adalah menurunkan berat badan. Beberapa penelitian menemukan bahwa puasa Senin Kamis dapat meningkatkan metabolisme dengan meningkatkan kadar neurotransmitter atau epinefrin yang dapat meningkatkan penurunan berat badan.


2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat puasa Senin Kamis sama dengan jenis diet Fasting Mimicking Diet (FMD) karena pelakunya diminta untuk berpuasa di tengah-tengah bulan selama lima hari sementara puasa Senin Kamis jika ditotal adalah 8 hari dalam sebulan. 

Jika kamu melakukan puasa dengan mengonsumsi buah dan sayur saat sahur dan berbuka tentu dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga secara otomatis meningkatkan penyimpanan vitamin dan mineral dalam tubuh. Konsumsi buah yang tinggi cairan juga dapat mencegah dehidrasi selama berpuasa. 


3. Mengontrol Gula Darah

Puasa dapat meningkatkan kontrol gula darah yang bisa sangat berguna bagi mereka yang memiliki risiko diabetes. Berpuasa secara intermiten jangka pendek dapat membantu turunkan kadar gula darah.


4. Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat puasa Senin Kamis disebut dapat meningkatkan fungsi otak. Meskipun penelitian sebagian besar terbatas pada penelitian hewan, beberapa penelitian telah menemukan bahwa puasa dapat memiliki efek yang kuat pada kesehatan otak.

Satu studi pada tikus menunjukkan bahwa mempraktekkan puasa berselang selama 11 bulan dapat meningkatkan fungsi otak dan struktur otak. 

Puasa dapat membantu meredakan peradangan. Puasa juga dapat melindungi otak dari penyakit alzheimer dan parkinson.


5. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Dikutip dalam Times of India, salah satu manfaat puasa adalah dapat meningkatkan kesehatan jantung. Puasa dalam delapan minggu secara bergantian dapat mengurangi kadar kolesterol "jahat" LDL dan trigliserida darah masing-masing sebesar 25 persen dan 32 persen.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

jenis, sifat, karakter dan teknik pengolahan bahan lunak tanah liat, getah, lilin, clay polimer, clay tepung, plastisin, parafin, gips

Mengenal Fitur Lanjut Browser.

Hukum pacaran