Kisah kelahiran Nabi Muhammad

Di Makkah, peristiwa menjelang kelahiran Nabi Muhammad SAW ditandai dengan kehancuran pasukan Gajah yang dipimpin Raja Abrahah. Waktu itu, Abrahah adalah seorang Raja di Abysinia kini Yaman.
Abrahah merasa iri sebab perekonomian Makkah dengan adanya Kakbah lebih maju dari pada Yaman yang punya kuil untuk sesembahan juga. Banyak orang berziarah ke Kakbah sehingga mendongkrak perekomian Makkah. Sebaliknya sedikit orang pergi ke kuil di Abtyinia.
Abrahah pun menyerang Makkah dengan menggunakan pasukan gajah. Peristiwa penyerangan ini diabadikan dalam Al Quran surah Al-Fil. Disebutkan bahwa saat masuk Kota Makkah, pasukan gajah dihujani batu oleh sekelompok burung ababil. Pasukan gajah pimpinan Abrahah kocar-kacir dan Kakbah serta Kota Makkah selamat. Tak lama setelah pasukan gajah gagal menyerang Kakbah, Rasulullah SAW lahir.
Muhammad SAW lahir dari pasangan Abdullah dan Aminah. Abdullah adalah putra dari Abdul Mutholib pemimpin suku Quraisy. Sementara Aminah merupakan putra dari Wahb pemimpin Bani Zuhrah.
Menjadi kebiasaan warga Makkah ketika itu yakni berdagang ke Syam. Abdullah pun pergi ke Syam bersama rombongan pedagang Makkah. Mereka tak hanya ke Syam, tapi juga singgah di beberapa kota lain sehingga perjalanan memakan waktu yang lama.
Saat hendak pulang ke Makkah, Abdullah kecapekan dan jatuh sakit. Dia singgah di tempat saudara-saudaranya dari garis ibu di Kota Yatsrib,-kini Madinah. Abdullah wafat di Madinah. Saat Abdullah wafat, itu Aminah tengah mengandung Nabi Muhammad SAW. Usia kandungan Aminah baru berusia 3 bulan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

jenis, sifat, karakter dan teknik pengolahan bahan lunak tanah liat, getah, lilin, clay polimer, clay tepung, plastisin, parafin, gips

Mengenal Fitur Lanjut Browser.

Hukum pacaran